Selasa, 10 Januari 2012

Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

















Secara umum, sistem operasi diartikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya. Menurut Wiliam Stallings, sistem operasi adalah program yang menutup detil hardware yang rumit kepada progammer dan menyediakan antarmuka yang mudah bagi progammer untuk mengakses hardware dalam mengembangkan sebuah program.

Pengertian sistem operasi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. Berikut uraiannya :

1. Pengguna
Sistem operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.
2. Sistem
Sistem operasi sebagai alat yang dapat menempatkan sumber daya secara efisien (resource allocator). Sistem operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Sistem operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat, yang disebut dengan kernel.
3. Tujuan Sistem 
Sistem operasi sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.

Windows dan Linux merupakan contoh sistem operasi yang merupakan bagian dari perangkat lunak. Windows merupakan sistem operasi yang diperkenalkan pada tahun 1985. Sebelum windows dikenal DOS (Disk Operating System) merupakan sistem operasi yang pertama kali tampil dalam bentuk disket. Dibandingkan dengan DOS, Windows memiliki kemampuan lebih, yaitu kemampuan untuk membuka beberapa file atau aplikasi secara bersamaan (multitasking) dan kemampuan berpindah antaraplikasi secara cepat.

Sistem operasi yang umumnya banyak digunakan adalah sistem operasi platform windows, seperti : Windows 3.10, 3.11, 95, 98, 2000, ME, XP, 2003, Vista, Windows 7, dan Windows 8. Selain itu ada juga sistem operasi platform DOS, yaitu PC-DOS yang dikeluarkan oleh perusahaan  IBM Corporation dan MS-DOS yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Corp.

Selain sistem operasi DOS dan Windows, sistem operasi yang sekarang banyak pula dilirik oleh masyarakat pengguna komputer adalah sistem operasi GNU/Linux. Sistem operasi ini menawarkan fasilitas-fasilitas dan kemudahan-kemudahan dalam penggunaannya. Beberapa keluaran Linux yang ada yaitu:
  • Linux Mandrake
  • Linux Red Hat
  • LTSP (Linux Terminal Server Project)
  • Linpus Linux 
  • Linux Suse
  • Linux Debian
  • Linux Fedora

    6 komentar:

    Pertamaxx. nice info sob, kalo saya windows aja deh gampang make nya

    mantap neh sob, bisa memberi pengetahuan yg belum tau.....
    sukses sob sekilas infonya...

    hehe.. makasih sob telah berkunjung dan memberikan komentar

    mantap info gan... merdeka blogger !!!!

    Dapat ilmu baru nih.....

    Posting Komentar

    Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Silahkan berkomentar kalau anda pikir hal itu perlu. Berikan komentar yang sewajarnya dan jangan nyepam ya sobat

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More