Selasa, 17 Januari 2012

Beberapa Cara Untuk Menghindari Serangan Virus Komputer

Beberapa Cara Untuk Menghindari Serangan Virus Komputer:

1.       Memberikan proteksi computer dengan antivirus
Langkah ini merupakan awal untuk memberikan perlindungan komputer terhadap serangan virus, baik virus lokal maupun virus jaringan. Anda dapat menggunakan antivirus yang banyak beredar, seperti: Norton Antivirus, McAfee VirusScan, AVG, PC-Cillin, PC-Tolls Antivirus, Panda Titanium Antivirus.

2.       Melakukan update antivirus dan databasenya
Setelah anda menginstal computer dengan antivirus, maka hal yang tidak boleh terlupakan adalah selalu mengupdate database antivirus terbaru. Hal ini diperlukan karena perkembangan virus dan antivirus saling kejar mengejar. Apabila anda tidak melakukan update, maka virus-virus baru tidak akan dapat terdeteksi oleh antivirus. Lakukan update minimal satu minggu sekali.

3.       Berhati-hati terhadap file hasil kiriman atau file hasil download
Virus dapat menyebar melalui file-file, untuk itu berhati-hatilah terhadap file-file baru yang anda dapatkan dari hasil download atau kiriman melalui e-mail. Sebaiknya jangan langsung menjalankan file kiriman atau download tersebut, tetapi lakukan scanning dengan antivirus
.
4.       Mengetahui kondisi dan kinerja computer
Kinerja computer biasanya hanya dapat diketahui oleh pemiliknya. Anda harus dapat mengetahui keganjilan-keganjilan yang terjadi terhadap computer sendiri. Misalnya kinerja computer menjadi lambat, sering terjadi hang, melakukan restart sendiri dan lain sebagainya. Waspadailah mungkin gejala-gejala tersebut diakibatkan oleh virus.

5.       Melakukan backup data secara rutin
Data-data atau file-file yang memang sangat penting sebaiknya anda backup secara rutin. Kita pasti tidak menginginkan file kita hilang atau rusak akibat serangan virus. Anda dapat membackup file-file penting ke dalam CD, flash disk, atau harddisk eksternal.
1.    

1 komentar:

anti virus yang paling mantap apa yah, follow 44 follow back yah http://irfan-student.blogspot.com

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Silahkan berkomentar kalau anda pikir hal itu perlu. Berikan komentar yang sewajarnya dan jangan nyepam ya sobat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More