Minggu, 15 Januari 2012

PENGERTIAN MUSIK ANSAMBEL

Pengertian Musik Ansambel
Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis. Ansambel berarti suatu rombongan musik. Sedangkan pengertian ansambel menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya. Jadi, musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.

Pengelompokan music ansambel

Berdasarkan penyajiannya, musik ansambel dikelompokan menjadi dua:

1.       Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian music ansambel yang menggunakan alat-alat music sejenis. Contoh : ansambel rekorder.
2.       Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian music ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat music atau bermacam-macam jenis alat music. Contohnya ansambel pianika, gitar, rekorder, triangle, tamborin, dan simbal.

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang digunakan, music ansambel dikelompokan menjadi 3 macam:

1.       Ansambel melodis, yaitu alat music yang digunakan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya piano, rekorder, pianika, biola, terompet, dan harmonica.
2.       Ansambel ritmis, yaitu alat music yang digunakan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contohnya tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
3.       Ansambel harmonis, yaitu alat music yang digunakan bisa berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Silahkan berkomentar kalau anda pikir hal itu perlu. Berikan komentar yang sewajarnya dan jangan nyepam ya sobat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More