Sabtu, 21 Januari 2012

Istilah Seputar El Clasico














Bentrok antara Real Madrid versus Barcelona selalu dinanti public sepakbola dunia. Pertarungan dua tim sarat bintang dan penuh gengsi.
Karena gaungnya lagi itu disebut el clasico atau pertandingan klasik. Berikut beberapa istilah dari bahasa Spanyol dan Catalan yang terkait erat dengan el clasico yang dilansir dari Reuters :

Cules dan Merengues
Cules merupakan sebutan buat Barcelona dan suporternya. Tahukah Anda bahwa bahwa dalam bahasa Catalan cule artinya pantat. Kata itu dipakai karena ketika masih di stadion pertama Barca di Calle Industria, para supporter biasanya menyaksikan laga dengan duduk di atas tembok stadion. Sehingga bila dari luar orang berlalu lalang melihatnya sebagai barisan pantat.
Kalau Merengues yang menjadi julukan Real mengacu pada kostum putihnya. Itu mirip dengan makanan puding yang terbuat dari putih telur dan gula. Orang Spanyol menyebutnya Merengues.

La Manita
Pertandinga el clasico pertama Jose Mourinho diakhiri dengan kekalahan 5-0. Para fans Barca pun melambaikan tangan ke udara dengan lima jari terbuka lebar. Di Spanyol disebut dengan istilah La Manita alias tangan mungil.
La Manita menjadi sambutan selamat datang yang menyakitkan buat Mourinho.

Mes que un club
Istilah ini merupakan slogan Barca dalam bahasa Catalan. Artinya, lebih dari sekedar klub. Barca menjadi symbol nasionalisme dan perlawanan orang Catalan kepada pemerintah Spanyol di masa lalu.
Bendera kuning bergaris merah yang menjadi lambang Catalan juga sering dikibarkan. Para fans juga biasanya ogah merespon lagu kebangsaan Spanyol. Malah, saat Viva Espana dinyanyikan, mereka bersiul mengejek.

Villarato
Ini istilah untuk menyebut teori konspirasi. Biasanya, untuk mengejek keputusan wasit yang bisa dan menguntungkan salah satu klub.
Dulu, pada era dictator Jendral Franco, Real yang serng dituding mendapat keuntungan wasit. Belakangan, justru Barca yang seringkali dituduh dapat keuntungan wasit.
Sekarang lebih dikaitkan dengan keberadaan Angel Maria Villar sebagai presiden RFEF (asosiasi sepakbola Spanyol). Saat kampanye, Barca mendukung Villar dan Real mendukung calon lawannya. Alhasil, saat Barca dianggap dapat keistimewaan, fans Real langsung meneriakan Villarato.

El dedo de Mou
Ulah Mourinho yang mencubit wajah dan akhirnya mengenai pipi dan kuping asisten pelatih Barcelona Tito Vilanova, membuat heboh saat bentrok antara Real versus Barca di Piala Super Spanyol Agustus lalu.
Wasit tidak melihat insiden itu sehingga Mourinho terbebas dari sanksi di lapangan, tapi setelah itu dia kena juga karena rekaman televisi. Oleh media, insiden itu diistilahkan El dedo de Mou alias jari-jari Muo.  

3 komentar:

thnks sob infonya.... SEMANGAT TERUS BLOGGER SEJATI

pertamax diamankan... :D
komeng back.. :D

mank kw mandrit ama barca bertemu pasti bakalan seru. tak jarang kedua klub menebar tensi panas berujung ke situasi yang tak terkendali. ahhahhayyyy

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Silahkan berkomentar kalau anda pikir hal itu perlu. Berikan komentar yang sewajarnya dan jangan nyepam ya sobat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More