Minggu, 15 Januari 2012

TRADISI MERAYAKAN TAHUN BARU DI BAJAWA, FLORES

Pada suku-suku Bajawa di Flores, tiap tahun diadakan Tahun Baru tradisional atau REBA, yang jatuh pada bulan Desember sampai dengan Februari setiap tahunnya.

Pada perayaan Tahun Baru itu selalu terdapat suatu upacara penghormatan kepada “UWI”, sejenis umbi, yang katanya menjadi makanan pokok leluhur Bajawa yang bernama Sili dan keluarganya selama pelayaran mereka (entah dari mana) menuju Tanah Terjanji, yaitu daerah Ngada saat ini. Pada perayaan tahun baru tradisional tersebut senantiasa diperingati lagi pelayaran leluhur suku-suku Bajawa menuju daerah Ngada sebagai negeri tujuan dan peranan UWI itu.

UWI menjadi lambing kehidupan dan kesuburan bagi suku-suku Bajawa. Perayaan tahun baru tersebut secara tradisional dirayakan dengan nyanyian-nyanyian dan tarian-tarian untuk mengenangkan peristiwa pelayaran leluhur Silli dan UWInya.

Setiap warga Bajawa dimana pun mereka berada, akan mengalami kerinduan untuk pulang kampung jika saat Reba sudah semakin mendekat, supaya dapat merayakan Tahun Baru tradisional yang mereka namakan Reba itu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini. Silahkan berkomentar kalau anda pikir hal itu perlu. Berikan komentar yang sewajarnya dan jangan nyepam ya sobat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More